AOYAMA GOSHO

                 
Birth Date       : June 21, 1963
Birth Place      : Daiei, Tottori, Japan
Zodiac             : Gemini
Blood Type     : B
Gender            : Male


                 Aoyama sangat jenius sekali dalam menggambar. Ketika dia ditingkat 1 (Sekolah Dasar), lukisanya dengan tjuk "Yukiai War" memenangkan kompetisi dan dipajang di DAIMARU Departemen Store. Beliau lulus dari SMU IKUE. Setelah SMU, beliau melanjutkan pendidikan di Universitas Nihon Tokyo dan mengambil jurusan seni. Selama belajar di Universitas beliau juga sempat ikut kontes komik dan menang, dimana kontes itulah yang menjadi "batu pijakan" pertama untuk karirnya sebagai artis manga (mangaka) dan pengarang.

                 Karya Aoyama yang pertama adalah Chotto Mattete, yang diterbitkan mingguan oleh Majalah "Shonen Sunday", ditahun 1987. Segera setelah itu diterbitkanlah Magic Kaito di Majalah yang sama.
                    Diawal 90an, Aoyama mengarang Yaiba. Manga dengan 24 Judul ini memenangkan "Shogakukan Manga Award", tepatnya ditahun 1993. Beliau memenangkan Shogakukan Manga Award untuk yang kedua kalinya ditahun 2001 dengan judul manga, Yah APALAGI kalau bukan Detective Conan yang kesohor itu. Karangan beliau yang terkenal lainnya adalah tankobon termasuk Third Baseman No.4, Gosho Aoyama's Collection of Short Stories, dan banyak lagi.

               Pada tanggal 5 May 2005, beliau memperistrikan Minami Takayama. Seorang penyanyi dan artis kebetulan juga menyanyikan theme song dari anime Detective Conan.

Soource : Baka-Updates

0 comments:

Post a Comment